Mata ikan disebabkan Infeksi Human Papilomavirus (HPV)

Mata ikan disebabkan  Infeksi Human Papilomavirus (HPV), ukhuwah anak kuliah, poster nasehat, poster islami keren remaja, poster nasehat ulama, quote islami, poster islami anak, poster religi islam, poster motivasi islami, contoh gambar poster tentang keagamaan.

MATA IKAN

[Tanya Jawab dan Konsultasi Kesehatan]

Pertanyaan:

Bismillah.
Di telapak kaki teman ana, ada ‘mata ikan’. Bagaimana cara mengatasinya. Jazaakallahu khayran.

Jawaban:

Mata ikan adalah benjolan keras dan kasar seperti kutil, yang biasanya muncul di area kaki yang sering mendapatkan tekanan, seperti tumit atau telapak kaki depan. Tekanan ini juga dapat menyebabkan mata ikan tumbuh ke dalam, di bawah lapisan kulit yang keras dan tebal (kapalan).

Mata ikan disebabkan oleh infeksi human papilomavirus (HPV). Virus tersebut menyerang tubuh melalui goresan kecil, luka atau tempat lemah lainnya di kulit, di lingkungan yang hangat dan lembab, seperti di lantai kamar mandi. Anda juga dapat terkena virus kutil melalui kontak langsung dengan orang yang terinfeksi. Setelah masuk ke dalam kulit, virus dapat tumbuh dan menyebar, merangsang pertumbuhan sel yang cepat di permukaan kulit.

Kebanyakan mata ikan hilang tanpa pengobatan, meskipun bisa diperlukan waktu hingga satu atau dua tahun. Jika pengobatan yang Anda lakukan sendiri tidaklah membantu, konsultasikanlah pada dokter mengenai mencoba pengobatan berikut:

Asam salisilat (Tersedia di apotik)
Asam salisilat bekerja dengan menghilangkan lapisan kulit sedikit demi sedikit seiring waktu. Asam ini juga dapat merangsang kemampuan sistem kekebalan tubuh Anda untuk melawan mata ikan.

Cryotherapy
Pengobatan ini akan menggunakan nitrogen cair dan harus dilakukan di klinik dokter. Beberapa studi menunjukkan bahwa pengobatan ini lebih efektif jika dikombinasikan dengan pengobatan asam salisilat.

Operasi Kecil
Dokter akan memotong atau menghancurkan kutil dengan menggunakan jarum listrik (electrodesiccation dan kuretase).

Pengobatan Laser
Pengobatan laser pulsed-dye membakar gumpalan pembuluh darah kecil (pembakaran). Jaringan yang terinfeksi pada akhirnya mati, dan kutil terlepas.

Perubahan gaya hidup dan pengobatan di rumah berikut dapat membantu Anda mengatasi mata ikan:

1. Jaga kaki Anda tetap bersih
Hindari berjalan tanpa alas kaki
2. Ganti sepatu dan kaos kaki Anda setiap hari.
3. Jangan memencet, menarik, atau mencoba untuk memotong mata ikan.
4. Cuci tangan Anda dengan seksama setelah mengobati daerah yang terinfeksi, dan jangan menyentuh bagian apapun dari tubuh Anda sebelum Anda mencuci tangan.

Dijawab oleh dr. Indri Abu Zaki hafizhahullah

(Narasumber dan Konsultan Kesehatan di Media Sosial Ukhuwah Anak Kuliah)

🌏 ukhuwahanakkuliah.com

Artikel Terkait