Lendir kecoklatan akibat batuk dan muntah

Lendir kecoklatan akibat batuk dan muntah, ukhuwah anak kuliah, poster nasehat, poster islami keren remaja, poster nasehat ulama, quote islami, poster islami anak, poster religi islam, poster motivasi islami, contoh gambar poster tentang keagamaan.

LENDIR KECOKLATAN

Pertanyaan:
Ana batuk-batuk sekira sebulan. Sekitar jam 2, ana muntah dan keluar lendir berwarna kecoklatan, cegukan, tenggorokan terasa panas. Sekitar jam 8 malam, keluar lendir lagi warna kecoklatan dan jam 8 paginya juga demikian, tapi Alhamdulillah ana minumin madu dan gamat sedikit meredakan, walaupun terkadang tiba cegukan, sakit ke tenggorokan, dan perut kiri atas hingga pinggang belakang. Ini gejala penyakit apa dan bisa minta solusinya?

Jawaban:
Harus dipastikan terlebih dahulu, muntah ataukah dahak dari batuk?

Bila dari dahak disertai merah atau kecoklatan, ditambah disertai batuk lama (lebih dari 21 hari), lebih baik diperiksakan ke puskesmas atau RS, khawatir ada infeksi di paru-paru, seperi TBC atau lainnya.

Bila dari muntahan, apalagi disertai nyeri di perut, cegukan, maka hendaknya diperiksakan ke dokter spesialis penyakit dalam atau ke RS, khawatir ada perlukaan di lambung.

Jika infeksi di paru-paru, ada resiko menular namun, jika perlukaan di lambung, tidak menular.

Dijawab oleh dr. Indri Abu Zaki hafizhahullah

(Narasumber dan Konsultan Kesehatan di Media Sosial Ukhuwah Anak Kuliah)

🌏 ukhuwahanakkuliah.com

Artikel Terkait