Tak Sanggup Hidup Sendiri

Tak Sanggup Hidup Sendiri, ukhuwah anak kuliah, poster nasehat, poster islami keren remaja, poster nasehat ulama, quote islami, poster islami anak, poster religi islam, poster motivasi islami, contoh gambar poster tentang keagamaan.

🔰🥀🍂 TAK SANGGUP HIDUP SENDIRI

☝🏻 Seorang mukmin membutuhkan saudaranya sesama mukmin. Hidup dalam kebersamaan tidak terpisahkan. Sehingga yang lemah akan menjadi kuat dengan keberadaan yang lain. Karena sesama kaum mukminin saling mengkokohkan. Saling mengusahakan kemanfaatan. Baik kemanfaatan untuk masing-masing individu, terlebih yang sifatnya umum menyeluruh. Kaum mukminin juga bersama mencegah kemadharatan. Baik kemadharatan pada pribadi, terlebih skala masyarakat luas.

✍🏻 Dalam sebuah permisalan yang indah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

انَّ الْمُؤْمِنَ لِلْمُؤْمِنِ كَالْبُنْيَانِ يَشُدُّ بَعْضُهُ بَعْضًا وَشَبَّكَ أَصَابِعَهُ

“Sesungguhnya mukmin dengan mukmin yang lain seperti bangunan, saling menguatkan.” Rasulullah lalu menjalin jari jemari beliau.”

📚 [H.R Al Bukhari dan Muslim dari Shahabat Abu Musa]

🔊 Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

لَا يُؤْمِنُ أَحَدُكُمْ حَتَّى يُحِبَّ لِأَخِيهِ مَا يُحِبُّ لِنَفْسِهِ

“Tidak beriman seseorang diantara kalian, sehingga mencintai saudaranya, sebagaimana ia mencintai untuk dirinya sendiri.”

📚 [H.R Al Bukhari dan Muslim dari Shahabat Abu Hurairah]

☝🏻 Semestinya kaum mukminin saling bersaudara, berkasih sayang, saling mencintai, dan berlemah lembut antar mereka. Masing-masing mencintai yang lain sebagaimana mencintai diri sendiri. Mengusahakan cita-cita mulia ini. Mereka berkewajiban untuk memerhatikan mashlahat umum bersama. Sebagaimana bangunan yang saling berhubungan, menopang mengokohkan. Demikianlah kaum mukminin, masing-masing tidak akan mampu mewujudkan mashlahat sendiri-sendiri. Namun, harus ada kerjasama saling membutuhkan dan saling menyempurnakan antar mereka. Baik dalam meraih kemanfaatan atau mencegah dan menghilangkan berbagai kemudharatan.

📖 [Bahjatul Qulub As Sa’diy]

📜 Sumber: Majalah Qudwah edisi 74 vol 07 tahun 1441 hal. 81 | diedit tanpa mengurangi makna.

🔎 Isi artikel ini dinukil dari :
https://bit.ly/32hQ7DC

🔰 UKHUWAH ANAK KULIAH
http://Kontakk.com/@medsosuak

Artikel Terkait