Ngaji Kitab Tauhid (Bag.25)

Artikel Aqidah Artikel Dakwah

📕📚☝🏻 NGAJI KITAB TAUHID (BAG.25)

📚 Serial: Pembahasan Kitab Tauhid || Bab Mengajak Menuju Syahadat (( لَا إِلَـٰهَ إِلَّا اللَّهُ ))

🖊 Oleh: al-Ustadz Hari Ahadi حفظه الله

____

Syaikh Shalih bin Fauzan hafizhahullah menjelaskan,

“Jika seseorang telah mengetahui sebagian dari ilmu tentang tauhid, maka dia tidak boleh menyimpan ilmu itu di dadanya lalu menguncinya dan memanfaatkannya sendiri saja.

Karena ilmu diperuntukkan kepada seluruh umat, orang yang telah memahami sebagian dari ilmu agama berkewajiban untuk menyebarkannya dan mengajak orang lain kepadanya. Karena umat ini adalah umat dakwah,

كُنتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ ۗ

“Kamu (umat Islam) adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia, (karena kamu) menyuruh (berbuat) yang makruf, mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah.” (Q.S. Ali Imran: 110)

Dan Allah ta’ala berfirman,

وَلْتَكُن مِّنكُمْ أُمَّةٌ يَدْعُونَ إِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنكَرِ ۚ وَأُولَٰئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ

“Dan hendaklah di antara kamu ada segolongan orang yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar. Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung.” (Q.S. Ali Imran: 104)

Sehingga orang yang telah mengetahui suatu ilmu dan dia melihat kondisi manusia sedang membutuhkan ilmu tersebut, maka dia tidak boleh diam, apalagi ilmu tentang tauhid dan akidah. Jika dia diam, sama artinya dia telah meninggalkan suatu kewajiban besar.

Tidak boleh beralasan, ‘Kewajibanku hanya mengurus diri sendiri’, seperti ucapan orang-orang bodoh dan malas (berdakwah). Dia berucap, ‘Aku tidak wajib mengurusi orang lain’.

(Yang benar), perbaiki dirimu lebih dulu, setelah itu ajak orang lain menuju agama Allah!

Jika engkau hanya memperbaiki dirimu sendiri (dan tidak berdakwah), artinya engkau meninggalkan satu kewajiban besar yang akan dituntut pertanggungjawabannya pada hari kiamat; dan mengakibatkan dirimu terancam dengan murka Allah karena tidak menjalankan perintah-Nya untuk berdakwah ke jalan Allah.”

📕 (I’anah al-Mustafid, 1/137-138)

📮Boleh Join & Share :
http://t.me/ukhuwah_anak_kuliah
http://simpellink.com/medsosuak

🔰 UKHUWAH ANAK KULIAH 🔰
•• ════════ ❁✿❁════════ ••

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *