Nabi Yang Layak Dikenal

Artikel Aqidah Artikel Dakwah Artikel Manhaj

☝🏻🔎✅ NABI YANG LAYAK DIKENAL

Pernah mendengar seorang nabi bernama Daniyal? Sebagai seorang nabi dari Bani Israil, beliau dikenal di dalam ajaran Yahudi dan Nasrani. Hidup di rentang waktu antara masa nabi Musa dan masa nabi Isa. Oleh para pengikut gereja, Daniyal sering dibuatkan atribut sebagai seseorang yang berada di dalam gua dengan singa-singa ada di dekatnya.

Al Hafidz Ibnu Katsir menyebutkan sebuah riwayat di dalam Qashashul Anbiya’ tentang hal ini. Saat itu, Raja Bukhtanassar menjatuhkan perintah agar dua ekor singa ditangkap dan dimasukkan ke dalam sebuah lubang besar. Kemudian Daniyal dimasukkan juga ke dalam lubang tersebut. Namun, kedua ekor singa tersebut sama sekali tidak mengganggunya. Wallahu a’lam.

Al Hafidz Ibnu Katsir menjelaskan dalam Al Bidayah Wan Nihayah (60), Abul Aliyah bercerita, “Pada saat menaklukan daerah Tustar, kami mendapatkan sebuah ranjang tidur di rumah Al-Hurmudzan. Di atas ranjang tersebut ada sesosok jenazah. Di samping kepalanya terdapat sebuah kitab. Lalu kami mengambil kitab tersebut, kemudian menyampaikannya kepada Umar bin Al-Khaththab.

Selanjutnya, Umar memanggil Ka’ab dan memintanya untuk mentranskrip dalam bahasa Arab.

“Akulah orang Arab pertama yang membacanya. Aku baca seperti halnya aku membaca Al Qur’an.” Ujar Abul Aliyah.

Ada yang bertanya kepada Abul Aliyah, “Apa yang disebutkan dalam kitab tersebut?”

“Perjalanan hidup kalian, perkara dan kesalahan berbicara kalian, serta hal-hal yang akan terjadi.” Abul Aliyah menerangkan.

Lalu, berdasarkan saran dan masukan para shahabat nabi, jasad nabi Daniyal harus dimakamkan di sebuah kuburan yang tersembunyi. Tidak boleh seorang pun mengetahui di manakah letak makam beliau.

Pada siang harinya sejumlah orang yang dipercaya menggali 13 lubang pada tempat yang berbeda. Saat tiba malam hari, mereka mengubur jenazah tersebut dengan meratakan ketigabelas lubang yang digali agar tidak diketahui oleh semua orang. Itu semua dilakukan karena dikhawatirkan akan dibongkar orang.

Menurut riwayat ini; dahulu kala, apabila langit tidak menurunkan hujannya, mereka mengeluarkan jenazah nabi Daniyal dengan ranjang tidurnya. Lalu hujan pun turun untuk mereka.

Walaupun telah berumur ratusan tahun, jasad nabi Daniyal tidak mengalami perubahan atau kerusakan kecuali beberapa helai rambut belakangnya.

Sesungguhnya jasad para nabi tidak dihancurkan bumi, juga tidak dimakan binatang buas.

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda di dalam hadits Aus bin Aus radhiallahu ‘anhu:

“Sesungguhnya Allah ‘azza wa jalla mengharamkan bumi untuk menghancurkan jasad para nabi.”

📚 Dishahihkan Al Albani di dalam Ash-Shahihah 4/32

Kisah di atas, tentang ditemukannya jasad Daniyal di Benteng Tustar lalu dimakamkan di tempat yang tersembunyi, dishahihkan oleh Al-Hafidzh Ibnu Katsir.

Dari sekian banyak nabi yang dapat kita ketahui adalah Daniyal. Semoga keselamatan untuk Daniyal ‘alaihissalam sang Nabi.

Wallahul muwaffiq.

🔎 Isi artikel ini dinukil dari :
https://bit.ly/34rxm3r

📮Boleh Join & Share :
http://simpellink.com/medsosuak

🔰 UKHUWAH ANAK KULIAH 🔰
•• ════════ ❁✿❁════════ ••

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *