Jaring Jaring Setan Itu Bernama Ghuluw

Artikel Dakwah Artikel Manhaj Artikel Nasehat

✒️❌🔥 JARING-JARING SETAN ITU BERNAMA GHULUW

✍🏻 Setan tak hanya menyerang orang-orang yang bergelimang maksiat, tetapi juga menjerat hamba-hamba-Nya yang gemar beribadah. Ia menggunakan dua cara untuk menyesatkan umat Islam.

✋🏻 Maka dari itu, sikap ghuluw dan berlebih-lebihan adalah sebuah kesesatan nyata yang jauh dari tujuan mulia. Berikut ini adalah beberapa dalil mengenai haram dan tercelanya sikap ghuluw.

✅ Allah subhanahu wa ta’ala berfirman,

قُلۡ يَٰٓأَهۡلَ ٱلۡكِتَٰبِ لَا تَغۡلُواْ فِي دِينِكُمۡ غَيۡرَ ٱلۡحَقِّ وَلَا تَتَّبِعُوٓاْ
أَهۡوَآءَ قَوۡمٍ قَدۡ ضَلُّواْ مِن قَبۡلُ وَأَضَلُّواْ كَثِيرًا وَضَلُّواْ عَن
سَوَآءِ ٱلسَّبِيلِ

Katakanlah (Muhammad), “Wahai Ahli Kitab! Janganlah kamu berlebih-lebihan (melampaui batas) dengan cara yang tidak benar dalam agamamu. Dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu orang-orang yang telah tersesat dahulu dan (telah) menyesatkan banyak (manusia), dan mereka sendiri tersesat dari jalan yang lurus.”

📖 (Al-Maidah: 77)

📝Dalam ayat ini, Allah melarang ahli kitab dari sikap ghuluw dalam beragama. Satu hal yang perlu diketahui bahwa setiap pembicaraan dalam bentuk perintah atau larangan yang ditujukan kepada ahli kitab di dalam al-Qur’an, hal itu juga berlaku untuk umat Islam. Sebab, merekalah yang diajak berbicara di dalam al-Qur’an. Sungguh Allah Ta’ala telah melarang ahli kitab dari sikap ghuluw, umat Islam pun sejatinya lebih pantas untuk dilarang.
📕 (Al-Ghuluw, hlm. 15)

🔎 Isi artikel ini dinukil dari : https://bit.ly/3lILhY1

📮Boleh Join & Share :
http://simpellink.co/medsosuak

🔰 UKHUWAH ANAK KULIAH 🔰
•• ════════ ❁✿❁════════ ••

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *