Jangan salah kaprah tentang bid’ah hasanah

Artikel Dakwah

⚠️ ‼️ ✋🏻 JANGAN SALAH KAPRAH TENTANG BID’AH HASANAH

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memperingatkan kita dari segala bid’ah:

فَإِنَّ خَيْرَ الْحَدِيثِ كِتَابُ اللهِ، وَخَيْرَ الْهُدَى هُدَى مُحَمَّدٍ، وَشَرَّ الْأُمُورِ مُحْدَثَاتُهَا، وَكُلَّ بِدْعَةٍ ضَلَالَةٌ

“Sesungguhnya, sebaik-baik perkataan adalah Kitabullah, sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, sejelek-jelek perkara adalah yang diada-adakan, dan semua bid’ah itu sesat.” (H.R. Muslim dari Jabir bin ‘Abdillah)

✒️ Ibnu Rajab rahimahullah berkata:

“Setiap orang yang mengada-adakan suatu perkara dan menyandarkannya kepada agama padahal tidak ada asal (perintahnya) dalam agama, berarti perkara tersebut adalah kesesatan, dan agama ini berlepas diri darinya, sama saja apakah perkara tersebut dalam masalah akidah, amalan, atau ucapan, baik yang tampak maupun yang batin.

✅ Adapun ucapan sebagian salaf yang menganggap baik bid’ah tertentu, yang dimaksud adalah bid’ah secara bahasa, bukan bid’ah secara syariat. Di antaranya adalah ucapan ‘Umar ketika beliau mengumpulkan manusia untuk shalat tarawih berjamaah di masjid. Ketika melihat kaum muslimin shalat demikian (berjamaah di belakang satu imam), beliau berkata, ‘Sebaik-baik bid’ah adalah ini’.”

📚 (Jami’ul ‘Ulum wal Hikam, hlm. 359)

🔎 Selengkapnya kunjungi :
https://is.gd/fmreNw

🔰 UKHUWAH ANAK KULIAH
www.ukhuwahanakkuliah.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *