Besarnya Dosa Riba

Artikel Dakwah Artikel Manhaj Artikel Nasehat Keluarga

⚠️🚫💰 BESARNYA DOSA RIBA

Allah Ta’ala mengancam akan memerangi pelaku praktik riba di dunia ini, sebagaimana Firman-Nya,

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اتَّقُوا اللّٰهَ وَذَرُوْا مَا بَقِيَ مِنَ الرِّبٰوٓا اِنْ كُنْتُمْ مُّؤْمِنِيْنَ – ٢٧٨
فَاِنْ لَّمْ تَفْعَلُوْا فَأْذَنُوْا بِحَرْبٍ مِّنَ اللّٰهِ وَرَسُوْلِهٖۚ وَاِنْ تُبْتُمْ فَلَكُمْ رُءُوْسُ اَمْوَالِكُمْۚ لَا تَظْلِمُوْنَ وَلَا تُظْلَمُوْنَ – ٢٧٩

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan tinggalkan sisa riba (yang belum dipungut) jika kamu orang-orang yang beriman. Maka jika kamu tidak mengerjakan (meninggalkan sisa riba), maka ketahuilah, bahwa Allah dan Rasul-Nya akan memerangimu.”

📚 (Q.S. Al-Baqarah: 278-279)

Ini menunjukkan besarnya kejahatan riba ini, dan sungguh praktik riba merupakan salah satu dosa besar dan perbuatan yang membinasakan. Seorang mukmin tentu akan menerima hukum haramnya riba ini dengan lapang dada, ridha, dan penuh ketundukan.

Sedangkan orang yang tidak beriman tidak mau menerimanya, dadanya terasa sempit dan terkadang dia akan berkhayal dengan berbagai macam khayalan. Sebatas yang kita ketahui, praktik riba akan mendatangkan keuntungan, tidak ada unsur taruhan padanya. Namun pada hakekatnya riba itu hanyalah menguntungkan satu pihak dan menzhalimi pihak lainnya.

🔎 Isi artikel ini dinukil dari :
https://bit.ly/30zxAmw

📮Boleh Join & Share :
http://simpellink.com/medsosuak

🔰 UKHUWAH ANAK KULIAH 🔰
•• ════════ ❁✿❁════════ ••

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *