Beranda ยป Artikel ยป Artikel Nasihat ยป Permisalan Ilmu

๐Ÿ“–๐ŸŒง๏ธ๐ŸŒ PERMISALAN ILMU

 

 

โœ๐Ÿป Dari Abu Musa AI Asyโ€™ari ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ dari Nabi shallallahu alaihi wasallam, beliau bersabda:

 

ู…ูŽุซูŽู„ู ู…ูŽุง ุจูŽุนูŽุซูŽู†ููŠ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุจูู‡ู ู…ูู†ู’ ุงู„ู’ู‡ูุฏูŽู‰ ูˆูŽุงู„ู’ุนูู„ู’ู…ู ูƒูŽู…ูŽุซูŽู„ู ุงู„ู’ุบูŽูŠู’ุซู ุงู„ู’ูƒูŽุซููŠุฑู ุฃูŽุตูŽุงุจูŽ ุฃูŽุฑู’ุถู‹ุง ููŽูƒูŽุงู†ูŽ ู…ูู†ู’ู‡ูŽุง ู†ูŽู‚ููŠู‘ูŽุฉูŒ ู‚ูŽุจูู„ูŽุชู’ ุงู„ู’ู…ูŽุงุกูŽ ููŽุฃูŽู†ู’ุจูŽุชูŽุชู’ ุงู„ู’ูƒูŽู„ูŽุฃูŽ ูˆูŽุงู„ู’ุนูุดู’ุจูŽ ุงู„ู’ูƒูŽุซููŠุฑูŽ ูˆูŽูƒูŽุงู†ูŽุชู’ ู…ูู†ู’ู‡ูŽุง ุฃูŽุฌูŽุงุฏูุจู ุฃูŽู…ู’ุณูŽูƒูŽุชู’ ุงู„ู’ู…ูŽุงุกูŽ ููŽู†ูŽููŽุนูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุจูู‡ูŽุง ุงู„ู†ู‘ูŽุงุณูŽ ููŽุดูŽุฑูุจููˆุง ูˆูŽุณูŽู‚ูŽูˆู’ุง ูˆูŽุฒูŽุฑูŽุนููˆุง ูˆูŽุฃูŽุตูŽุงุจูŽุชู’ ู…ูู†ู’ู‡ูŽุง ุทูŽุงุฆูููŽุฉู‹ ุฃูุฎู’ุฑูŽู‰ ุฅูู†ู‘ูŽู…ูŽุง ู‡ููŠูŽ ู‚ููŠุนูŽุงู†ูŒ ู„ูŽุง ุชูู…ู’ุณููƒู ู…ูŽุงุกู‹ ูˆูŽู„ูŽุง ุชูู†ู’ุจูุชู ูƒูŽู„ูŽุฃู‹ ููŽุฐูŽู„ููƒูŽ ู…ูŽุซูŽู„ู ู…ูŽู†ู’ ููŽู‚ูู‡ูŽ ูููŠ ุฏููŠู†ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ูˆูŽู†ูŽููŽุนูŽู‡ู ู…ูŽุง ุจูŽุนูŽุซูŽู†ููŠ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุจูู‡ู ููŽุนูŽู„ูู…ูŽ ูˆูŽุนูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ูˆูŽู…ูŽุซูŽู„ู ู…ูŽู†ู’ ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุฑู’ููŽุนู’ ุจูุฐูŽู„ููƒูŽ ุฑูŽุฃู’ุณู‹ุง ูˆูŽู„ูŽู…ู’ ูŠูŽู‚ู’ุจูŽู„ู’ ู‡ูุฏูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุงู„ู‘ูŽุฐููŠ ุฃูุฑู’ุณูู„ู’ุชู ุจูู‡ู

 

โœ… “Permisalan petunjuk dan ilmu yang dengannya Allah mengutusku, bagai hujan lebat yang menyirami bumi. Sebagiannya berupa tanah yang baik (gembur), menyerap air lalu menumbuhkan rerumputan yang banyak. Sebagiannya berupa tanah cadas yang menahan air. Dengannya Allah memberikan manfaat kepada manusia. Darinya mereka minum, memberi minum (ternaknya), dan bercocok tanam. Hujan tersebut juga menyirami sebagian lain berupa hamparan pasir, tidak bisa menahan air dan tidak pula menumbuhkan rerumputan.

Itulah pemisalan orang yang paham tentang agama Allah dan mendapat manfaat dari ilmu yang dengannya Allah mengutusku, hingga dia pun berilmu dan mengajarkan ilmunya. Dan (permisalan) orang yang tidak mau mengangkat kepala terhadapnya, dan tidak menerima petunjuk Allah yang dengannya aku diutus.”

 

๐Ÿ“š [H.R. al-Bukhari no. 79 dan Muslim no. 2.282]

 

 

๐Ÿ”Ž Isi artikel ini dinukil dari :

https://bit.ly/39nyILP

 

๐Ÿ”ฐ UKHUWAH ANAK KULIAH

http://Kontakk.com/@medsosuak

DMCA.com Protection Status