Beranda » Artikel » MENGIMANI HARI AKHIR

 

 

Beriman kepada hari akhir adalah di antara inti keyakinan seorang muslim. Ada beberapa faedah yang dapat saya fahami dari pembahasan kali ini, faedah mengimani hari akhir:

  1. Seseorang yang mengimani hari akhir, akan senang dan bersemangat dalam beramal kebaikan, serta menjaga ketakwaan kepada Allah.
  2. Meninggalkan perbuatan- perbuatan maksiat, yakni menjadikan seseorang lebih berhati-hati dan waspada jika ingin melakukan dosa.
  3. Seorang mukmin akan rela meninggalkan kenikmatan dunia yang dapat membuatnya lalai sehingga menyusahkan kehidupan akhiratnya.

Seseorang terkadang diuji dalam mencari maisyah, karena ia lebih mementingkan keselamatan akhiratnya. Mestinya, teruslah ia bersabar. Meyakini hari akhir adalah kebenaran yang telah dijelaskan di dalam al-Qur’an. Ujung tempat kembali manusia hanya dua, yaitu surga ataukah neraka.

Meyakini hari akhir:

  1. Mengimani adanya hari berbangkit: Keterangan tentang hidupnya seluruh manusia yg telah mati setelah kiamat kubro. (Simak QS. Al-Anbiya: 104).
  2. Mengimani adanya al-hisab, yaitu perhitungan amalan yang baik/buruk. Mengimani akan dibalasnya amalan tersebut. (Baca QS. Al-Ghasyiyah: 25-26).
  3. Mengimani surga dan neraka, bahwasannya keduanya adalah tempat kembali yg abadi bagi seorang makhluk.

Surga yg berisi kenikmatan bagi yg beriman dan bertakwa kepada Allah, seorang muslim wajib mengimani seluruh hal yang akan terjadi setelah kematian. Di antaranya yaitu, adanya nikmat kubur dan siksa kubur.

نسأل الله التوفيق

Semoga Allah memberi taufiq dan hidayah kepada kita semua untuk mendapatkan husnul khotimah di akhir hayat kita. Aamiin.

 

📒 Catatan taklim YU. Kajian tematik dengan Ustadz Abu Umair, 30 Juli 2023.

💡Sudah dirapikan oleh: Tim Fawaid dan Asatidzah pembimbing حفظهم الله جميعا

📝 Mau ikut ngirim catatan taklim juga? Klik https://bit.ly/Catatan_Taklim

https://www.ukhuwahanakkuliah.com

DMCA.com Protection Status