Beranda » Artikel » Artikel Kesehatan » Ayo, Gerakin Badan, Biar Belajar Makin Nyaman

Ayo, Gerakin Badan, Biar Belajar Makin Nyaman

Betapa seringnya kita terkendala oleh banyak hal saat sedang belajar. Boleh jadi, solusi sederhananya hanya satu: olahraga.

tips memulai kebiasaan olahraga Ukhuwah Anak Kuliah

tips memulai kebiasaan olahraga Ukhuwah Anak Kuliah

Buat kita para pelajar yang mungkin kadang masih suka ngantuk pas di kelas, kurang fokus, atau malah suka lupa sama materi yang baru saja disampaikan, ternyata ada, lho, cara efektif untuk mengatasi semua itu. Dan alhamdulillah, GRATIS!

Gimana caranya?

Berolahraga.

Enggak perlu lama-lama atau sampai terlalu ngos-ngosan, cukup beberapa menit (kalau bisa 15—20-an menit), yang penting tubuh sudah berkeringat dan terasa “lega”.

Iya, lega. Berbeda dengan yang dirasakan setelah bangun tidur, perasaan lega yang bakal kita dapatkan setelah berolahraga ternyata juga berpengaruh sampai ke mood kita di hari itu, lho. Coba saja sendiri, kemudian rasakan manfaat serta perbedaannya.

Lalu, gimana cara memulainya?

Buat agar terasa lebih mudah, dan persingkat waktu start-nya.

Maksudnya?

Iya, alih-alih berkomitmen dan berkata dalam hati, “Aku akan lari keliling kampung pagi ini.”, lebih baik katakan “Aku hanya akan memakai sepatu lari.” atau “Aku hanya akan keluar pagar.”

Bagaimana? Terdengar lebih mudah untuk dikerjakan, ‘kan? Nah, tinggal sesuaikan saja dengan olahraga yang ingin kita lakukan.

Singkatnya begini, temukan upaya terkecil yang bisa dilakukan untuk memulai olahraga yang kita inginkan. Dan kemudian, tanpa sadar kita akan terus melanjutkannya sampai selesai, insyaAllah.
Pokoknya jangan sampai muncul penolakan dari diri sendiri, bahkan sebelum kita memulainya. Sebab, bila dari awal saja sudah terasa sulit, kita hampir pasti tidak akan pernah memulainya.

Sebaliknya, kalau kita berpikir suatu kegiatan terasa mudah, kita akan lebih mungkin untuk mengulanginya.

Jadi, mulailah secara bertahap, ya.

Catat, lalu pantau.

Nah, kali ini tentang bagaimana cara menjaga agar kebiasaan olahraga tersebut tetap istiqamah/kontinu, yaitu dengan mencatatnya.

Tiap kali selesai melakukan olahraga, segera catat. Terus begitu sampai kita selesai merutinkannya dalam sebulan (atau seminggu juga boleh).

Kenapa harus dicatat?

Karena dengan mencatatnya, kita akan melihat progres nyata yang sudah kita lakukan setiap hari, dan kita akan merasa sia-sia (sayang, atau eman, dalam bahasa Jawa) bila tidak melanjutkannya dan berhenti begitu saja. Selain itu, kita juga akan merasa bangga dengan progres serta perjuangan yang telah kita lakukan.

Dan alhamdulillah, teknologi telah memudahkan kita dalam banyak hal, termasuk untuk mencatat kebiasaan yang sedang kita bangun saat ini.

Kalian bisa mengunduh aplikasi keren, simpel, dan tanpa iklan ini untuk mulai mencatat kebiasaan olahraga kalian.

Wejangan

Asy-Syaikh As-Sa’di  رحمه اللَّه  berkata,

“Barang siapa melakukan olahraga latihan fisik, maka akan kuat anggota badannya dan syarafnya, tubuhnya akan terasa ringan, semangatnya bertambah,  serta akan menghasilkan tenaga yang dapat membantu dirinya untuk melakukan berbagai amalan yang bemanfaat. 

Sebab, olahraga fisik merupakan sarana yang bertujuan untuk hal-hal tadi, dan bukan semata untuk dirinya sendiri.

Begitu pula jika badan dan gerakan gerakannya kuat, niscaya akalnya pun akan bertambah, pikirannya kuat, dan penyakitnya akan mereda. 

Sering kali, olahraga menjadi suatu obat yang sangat ia butuhkan atau yang (harus) dipaksakan bagi orang yang tidak biasa olahraga.”

Al-Funun al-Manuah, 2/202

Dari sahabat Abu Hurairah radhiallahu anhu, Rasulullah ﷺ bersabda,

“Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allah daripada mukmin yang lemah, dan setiap orang dari mereka memiliki kebaikannya sendiri-sendiri.”

Majmu al-Fatawa, 11/129 (Muslim no. 2664)

Semangat!


Faedah dari: Tim Fawaid dan Asatidzah pembimbing
حفظهم الله جميعا

📖 UKHUWAH ANAK KULIAH
www.ukhuwahanakkuliah.com

DMCA.com Protection Status