Beranda » Artikel » Artikel Akidah » Ngaji Kitab Tauhid (Bag. 70)

Ngaji Kitab Tauhid (Bag. 70)

📕📚☝🏻 NGAJI KITAB TAUHID (BAG. 70)

📚 Serial: Pembahasan Kitab Tauhid || Bab 15

🖊 Oleh: al-Ustadz Hari Ahadi حفظه الله
____
BAB:

بَابُ قَوْلِ اللَّهِ تعالى: ﴿حَتّٰىٓ اِذَا فُزِّعَ عَنْ قُلُوْبِهِمْ قَالُوْا مَاذَاۙ قَالَ رَبُّكُمْۗ قَالُوا الْحَقَّۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْكَبِيْرُ﴾

• Firman Allah ta‘ala (artinya),

“Sehingga apabila telah dihilangkan ketakutan dari hati mereka (para malaikat), mereka berkata, ‘Apakah yang telah difirmankan oleh Tuhanmu?ʼ Mereka menjawab, ‘(Perkataan) yang benar,ʼ dan Dialah Yang Mahatinggi, Mahabesar.” (Q.S. Sabaʼ: 23)
_________________________________________
Pada bab sebelumnya penulis membawakan beberapa dalil yang membuktikan bahwa makhluk yang paling utama, yaitu Nabi Muhammad ﷺ, tidak pantas untuk disembah. Lalu, dalam bab ini beliau membawakan dalil-dalil bahwa makhluk yang paling besar dan paling kuat, yaitu para malaikat, juga tidak pantas untuk disembah.

Maka siapa lagi yang tersisa?! Jika Nabi Muhammad ﷺ dan para malaikat tidak pantas disembah, maka jelas dan pasti, makhluk yang kedudukannya di bawah mereka lebih tidak pantas untuk disembah.

▪️ Saat menjelaskan tentang judul bab ini, al-‘Allamah Abdul Aziz bin Baaz rahimahullah berkata,

“Dengan bab ini penulis ingin membantah seluruh penyembah kubur, penyembah malaikat, penyembah para rasul, serta yang menyembah pohon-pohon dan batu. Beliau menerangkan (dari sisi) para malaikat yang merasa takut kepada Allah. Jika demikian keadaan mereka, maka kenapa disembah?!

Pihak yang takut kepada Allah dan azab-Nya, ia terancam dengan siksaan jika menyelisihi perintah-Nya, lalu mengapa justru disembah? Demikian pula para rasul, orang-orang shalih, kaum jin, dan selain mereka; seluruhnya tidak pantas disembah. Semuanya takut kepada Allah; para rasul dan selain mereka takut kepada Allah. Allah Mahakuasa atas segala sesuatu.”

Syarah Kitab at-Tauhid, hlm. 160.

▪️ Al-‘Allamah Shalih bin Fauzan al-Fauzan hafizhahullah berkata,

“Maksud dari bab ini ialah untuk menerangkan bahwa beribadah kepada selain Allah ialah batil.

Sebab, jika malaikat saja takut kepada Allah dan merasa ciut ketika mendengar firman-Nya; padahal mereka sangat besar, sangat kuat, dan dekat dengan Allah. Mereka sangat takut kepada Allah. Maka ini membuktikan bahwa mereka tidak boleh disembah, seperti perbuatan orang-orang musyrik.

Karena sebagian kaum musyrikin ada yang menyembah malaikat. Jika malaikat tidak boleh disembah bersama dengan Allah, maka selain mereka jelas lebih tidak pantas.”

At-Taʼliq al-Mukhtashar al-Mubin, hlm. 331.

📮Boleh Join & Share :
http://t.me/ukhuwah_anak_kuliah
http://simpellink.com/medsosuak

🔰 UKHUWAH ANAK KULIAH 🔰
•• ════════ ❁✿❁════════ ••

Berkomentarlah dengan santun ...

DMCA.com Protection Status
%d blogger menyukai ini: